Senin, 30 September 2013

Proses Pengembangan Dokumentasi Suatu Aplikasi

Sebuah proses pengembangan perangkat lunak , juga dikenal sebagai pengembangan perangkat lunak siklus hidup ( SDLC ) , adalah struktur dikenakan pada pengembangan produk perangkat lunak . Istilah serupa termasuk perangkat lunak siklus hidup dan proses perangkat lunak . Hal ini sering dianggap sebagai bagian dari siklus hidup pengembangan sistem .

Ada beberapa model untuk proses tersebut , masing-masing menggambarkan pendekatan untuk berbagai tugas atau kegiatan yang berlangsung selama proses tersebut . Beberapa orang menganggap model - siklus hidup istilah yang lebih umum dan proses pengembangan perangkat lunak istilah yang lebih spesifik . Sebagai contoh, ada banyak proses pengembangan perangkat lunak khusus yang ' cocok' model spiral siklus hidup . ISO / IEC 12207 adalah suatu standar internasional untuk perangkat lunak proses siklus kehidupan . Ini bertujuan untuk menjadi standar yang mendefinisikan semua tugas yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan memelihara perangkat lunak .

Perencanaan
Perencanaan merupakan tujuan dari setiap kegiatan , di mana kita ingin menemukan hal-hal yang termasuk dalam proyek. Sebuah tugas penting dalam menciptakan sebuah program perangkat lunak adalah penggalian persyaratan atau analisa kebutuhan. [ 1 ] Pelanggan biasanya memiliki gagasan abstrak dari apa yang mereka inginkan sebagai hasil akhir , tetapi tidak tahu software apa yang harus dilakukan. Insinyur perangkat lunak terampil dan berpengalaman mengakui tidak lengkap , persyaratan ambigu , atau bahkan bertentangan pada saat ini . Sering menunjukkan kode hidup dapat membantu mengurangi resiko bahwa persyaratan tidak benar .
Setelah persyaratan umum dikumpulkan dari klien , analisis ruang lingkup pembangunan harus ditentukan dan dinyatakan dengan jelas . Hal ini sering disebut dokumen lingkup .
Fungsionalitas tertentu dapat keluar dari lingkup proyek sebagai fungsi biaya atau sebagai akibat dari persyaratan tidak jelas pada awal pembangunan. Jika pembangunan dilakukan secara eksternal , dokumen ini dapat dianggap sebagai dokumen hukum sehingga jika ada perselisihan pernah , setiap ambiguitas yang dijanjikan kepada klien dapat diklarifikasi .

Implementasi , pengujian dan mendokumentasikan
Pelaksanaan adalah bagian dari proses di mana insinyur perangkat lunak sebenarnya program kode untuk proyek .
Software pengujian adalah fase integral dan penting dari proses pengembangan perangkat lunak . Ini bagian dari proses memastikan bahwa cacat diakui sesegera mungkin .
Mendokumentasikan desain internal perangkat lunak untuk tujuan pemeliharaan masa depan dan peningkatan dilakukan di seluruh pembangunan. Hal ini juga dapat mencakup penulisan sebuah API , baik itu eksternal atau internal. Proses rekayasa perangkat lunak yang dipilih oleh tim berkembang akan menentukan berapa banyak dokumentasi internal ( jika ada ) diperlukan . Rencana -driven model ( misalnya , Waterfall) umumnya menghasilkan dokumentasi lebih dari model Agile .

Penyebaran dan pemeliharaan
Deployment dimulai langsung setelah kode tersebut tepat diuji , disetujui untuk rilis , dan dijual atau didistribusikan ke dalam lingkungan produksi . Ini mungkin melibatkan instalasi, kustomisasi (seperti dengan menetapkan parameter untuk nilai pelanggan ) , pengujian , dan mungkin jangka evaluasi .
Pelatihan perangkat lunak dan dukungan adalah penting, sebagai perangkat lunak hanya efektif jika
digunakan dengan benar .
Memelihara dan meningkatkan perangkat lunak untuk mengatasi kesalahan yang baru ditemukan atau persyaratan dapat mengambil banyak waktu dan usaha, karena persyaratan tidak terjawab mungkin memaksa mendesain ulang perangkat lunak .

Sumber :
https://in.wikipedia.org/wiki/Software_development_process

Tidak ada komentar:

Posting Komentar