Senin, 09 September 2013

TDA (Teknik Dokumentasi Aplikasi)

Pert. 1

Pengenalan..

Pengertian Dokumentasi :
Dokumentasi adalah mengumpulkan data dengan cara mengalir atau mengambil data-data dari catatan, dokumentasi, administrasi yang sesuai dengan masalah yang diteliti. Dalam hal ini dokumentasi diperoleh melalui dokumen-dokumen atau arsip-arsip dari lembaga yang di teliti.

Pengertian Aplikasi :
Aplikasi berasal dari kata application yaitu bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti pengolah.  Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai.
  
Dokumen-dokumen yg baik memiliki sejumlah persyaratan terkait:

  1. Mereka harus bertindak sebagai media komunikasi antara anggota pengembangan tim.
  2. Mereka harus menjadi sistem informasi repositori untuk digunakan oleh insinyur pemeliharaan.
  3. Mereka harus memberikan informasi bagi manajemen untuk membantu mereka merencanakan,anggaran dan jadwal proses pengembangan perangkat lunak.
  4. Beberapa dokumen harus memberitahu pengguna bagaimana untuk menggunakan dan mengelola sistem.
Produk Dokumentasi
Produk dokumentasi seperti dokumen pengguna memberi tahu pengguna tata cara penggunaan software dan sistem yang telah dibuat.

Dokumentasi Pengguna
Hal ini penting untuk membedakan pengguna dan pembuat sistem:
  • Pengguna menggunakan software untuk mempermudah pekerjaan,
  • Pengelola sistem bertanggung jawab pada software yang digunakan oleh pengguna,
  • Deskripsi layanan yg tersedia > Functional > Sistem evaluator,
  • Bagaimana menginstal system>installation>system administrator,
  • Bagaimana memulai system>introductory>pengguna pemula,
  • Detail dari fasilitas>reference>pengguna berpengalaman,
  • Bagaimana mmengoperasikan dan merawat>system administrator>system administrator>Fungsional description, dokumen ini berisi penjelasan dari system dan secara ringkas menjelaskan layanan yang disediakan. Dokumen ini harus memberikan gambaran dari system.
  • >System installation document, ditujukan untuk pengelola system. Berisi tata cara untuk menginstal sistem. Berisi deskripsi dari file yang membentuk system dan konfigurasi hardware  minimal yang diperlukan.
  • >Introductory manual, mendeskripsikan bagaimana cara untuk memulai dan bagaimana cara penggunaan dari sistem serta memberikan informasi jika sistem mengalami kerusakan agar dapat ditangani oleh pengguna.
  • >System reference manual, dokumen ini memiliki detail kerusakan – kerusakan yang mungkin terjadi dan cara penanganannya.
  •  >System administrator’s guide, menyediakan perintah – perintah dan kontrol yang dapat digunakan oleh sistem. Menjelaskan bagaimana menginteraksikan antara sistem satu dengan yang lain.
Pentingnya Dokumentasi pada Aplikasi

  • Dokumentasi mutlak diperlukan dalam menjalankan sistem manajemen mutu baik berupa hard copy ataupun soft copy. Keberadaan dokumen tersebut didesain sedemikian rupa sehingga tidak menghambat jalannya sistem melainkan mempermudah.
  • Pengarsipan. Dokumentasi mempermudah anda dalam menemukan arsip secara efektif, efisien dan terinci. Dengan adanya dokumentasi baik dalam bentuk software(aplikasi), foto maupun video maka terciptalah suatu pengarsipan sejarah bangsa yang terstruktur  dengan lengkap, rapi dan bermanfaat.

Mengapa dokumentasi tersebut penting? karena yang menjalankan sistem tersebut adalah manusia. Dengan dokumentasi para pekerja akan diarahkan bekerja secara teratur, seragam, tidak tumpang tindih, menghindari konflik, memperlancar kerja dan lain-lain. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan komitmen dan konsistensi semua personel untuk mematuhi apa yang tertulis di dokumen.

Sumber :
  1. Nasution,  Metodologi Research Penelitian Ilmia , ( Jakarta: Bumi Aksara, 2003 ), 143.
  2. http://www.mlarik.com/2013/07/pengertian-aplikasi-komputer.html
  3. http://mutupro.blogspot.com/2010/03/mengapa-iso-9001-memerlukan-dokumentasi.html

TQ..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar